Autobikers.com – Brosis, kopling pada mobil dengan transmisi manual mempunyai peran yang sangat vital. Kopling berfungsi memutus tenaga dari mesih ke transmisi sehingga kita dengan mudah dapat melakukan perpindahan gigi.

Karena punya peran yang vital, tentunya brosis sebagai pemilik mobil harus jeli dengan mengenal sejak dini ketika piranti ini mulai ngadat atau bermasalah.

Ya,. terkadang masalah pada mobil bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, tanpa ada peringatan sebelumnya. Untuk brosis  yang mengerti tentang mesin, mungkin ini bukan masalah karena bisa diselesaikan sendiri, tapi bagaimana dengan orang yang tidak mengerti tentang mesin?

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi kejadian yang tidka diinginkan di jalan raya, kali ini autobikers akan berbagi cara mudah mendeteksi sejak dini kopling mulai ngadat atau bermasalah.

Brosis bisa mendeteksi kopling yang bermasalah atau tidak dengan beberapa trik berikut ini.

  1. Pertama, nyalakan mesin dan tarik rem tangandalam kondisi mengunci. Rem tangan akan mencegah mobil melompat saat dimasukkan gigi perseneling.
  2. Saat rem tangan sudah dipastikan berfungsi dengan baik, cobalah untuk masukkan gigi perseneling satu secara perlahan sambil menekan kopling.
  3. Setelah itu, lepaskan kopling dan posisikan kaki kanan pada posisi menginjak rem bersamaan dengan gas. Tapi ingat, saat melakukannya Anda jangan terburu-buru. Injak secara perlahan!
  4. Setelah itu, lepaskan kopling secara perlahan. Kalau mesin mobil masih menyala, bisa diduga kampas kopling sudah tipis dan harus segera diganti.

Selain dengan trik di atas, sebenarnya ada cara lain yang bisa brosis lakukan untuk mendeteksi kerusakan kopling mobil manual dengan memperhatikan beberapa gejala berikut ini :

  1. Pedal kopling terasa lebih keras ketika ditekan, dan mobil baru akan bergerak saat pedal kopling diangkat mendekati posisi sebelum diinjak.
  2. Kemampuan akselerasi mobil yang menurun, bahkan mobil terasa berat dan tidak bertenaga. Kondisi ini terasa makin parah saat Anda melewati jalan menanjak.
  3. Munculnya getaran saat pedal kopling diangkat. Biasanya, hal ini disebabkan karena dekrup alias cover clutchatau flywheel sudah tidak rata dan harus segera diganti.
  4. Muncul suara asing di transmisi. Contohnya saat pedal kopling diangkat, tiba-tiba terdengar suara asing berupa bunyi “pletak”atau suara kasar yang mengganggu.
  5. Terdengar suara desingan bearing yang cukup mengganggu saat pedal kopling tidak diinjak. Kondisi ini umumnya disebabkan karena pelumas pada ada releasebearing sudah mengering.

Untuk memastikan, ada baiknya brosis membawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel mobil umum yang kopenten dalam bidang ini agar di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang bisa brosis lakukan untuk mendeteksi sejak dini jika kopling mobil mulai ngadat atau bermasalah. Semoga berguna. (mt)

 

Iklan